Kunjungan Penelitian Universitas Diponegoro Semarang ke IDN Thailand - idnthailand.org

Breaking

Iklan

Tuesday, August 27, 2024

Kunjungan Penelitian Universitas Diponegoro Semarang ke IDN Thailand

Selasa, 27 Agustus 2024 14:40

Ditulis oleh M. Khalid Wardana




Pada hari Sabtu, tanggal 24 Agustus 2024, Indonesian Diaspora Network (IDN) Thailand menerima kunjungan dari Universitas Diponegoro (Undip). Pertemuan ini dilaksanakan di dalam kompleks area Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangkok. Pada hari itu juga, KBRI juga tengah mengadakan Bazar & Panggung Gembira yang juga merupakan agenda tahunan menyambut HUT RI. Acara ini turut menambah euforia pertemuan antara kedua pihak. 


Dalam kunjungan itu, pihak IDN Thailand diwakili oleh Finny Sigar selaku bendahara dari pihak IDN Thailand. Dari Undip, diwakili oleh 4 orang dosen Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial, Universitas Diponegoro Semarang diantaranya yaitu Prof. Dr. Endang Larasati, MS; Prof. Dr. Sri Suwitri, M.Si. NIP.; Dr. Tri Yuniningsih, M.Si; dan Marten Hanura, S.I.P, M.P.S. Mereka sedang melakukan penelitian dengan topik gastronomi dengan metode perbandingan antara Indonesia dan Thailand.


Dalam pertemuan singkat ini, perwakilan Undip tertarik dengan adanya kekuatan Gastrodiplomacy dari pemerintah Thailand yang membuat makanan Thailand menjadi terkenal di banyak negara. Sehingga, diharapkan Indonesia juga dapat melakukan Langkah serupa untuk mempopulerkan makanan Indonesia di banyak negara, mengikuti Langkah negeri gajah putih ini. Dalam kesempatan ini juga, Undip juga turut mewawancarai perwakilan IDN Thailand dan beberapa orang WNI pelaku usaha kuliner yang sedang membuka gerai makanan di bazar tersebut.

No comments: